penghargaan sosial

14 May 2012

Penghargaan sosial

Siapa yang menanam dia yang menuai itulah pesan pepatah lama. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap tindakan membawa akibat bagi pelakunya, siapa yang berbuat dia yang bertanggung jawab. Namun semua akan sangat berbeda apabila akibat yang harus diperoleh ternyata tidak seperti yang diharapkannya. Memang tidak selalu akibat materi yang diharapkan oleh seorang pelaku perbuatan, selain materi banyak lagi motivasi yang melahirkan perbuatan-perbuatan itu. Sebut saja penghargaan sosial. Penghargaan sosila merupakan hal sangat penting bagi kelagsungan aksi positif di tengah-tengah masyarakat. Dengan adanya penghargaan sosial, akan menumbuhkan semangat untuk beraksi terhadap lingkungan. Harus disadari bahwa perhatian merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, tidak ada manusia yang dapat hidup tanpa diperhatikan oleh lingkungannya. Itu adalah kebutuhan psikologi kita. Sungguhpun demikian dengan kehidupan sosial, penghargaan merupakan bentuk lain perhatian yang bermuatan positif bagi setiap pelaku tindakan.
Kita boleh melakukan apapun terhadap lingkungan kita, kita boleh melakukan hal yang positif, ataupun hal-hal negatif. Tapi, kita akan berhenti sejenak di ujung tindakan kita untuk menanyakan kepada diri kita sendiri apa yang sedang kita harapkan dari tindakan kita ini. umumnya jawabannya akan bervariasi, tapi satu hal yang dapat menjadi muara semua perbuatan itu adalah kebutuhan akan perhatian dan hal-hal yang mengacu kepadanya. Kurangnya perhatian lingkungan terhadap segala aksi yang dilakukan oleh individu di sekitar menyebabkan pelaku senatiasa merasa diabaikan. Untuk alasan yang sama juga, itulah sebabnya lingkungan yang tidak tanggap terhadap kondisi remaja di sekitar mengakibatkan hilangnya rasa malu remaja ketika melakukan hal-hal yang tidak pantas. Begitu juga dengan penghargaan sosial, efek jangka panjang yang diperoleh dengan adanya penghargaan sosial sangatlah efektif dan baik. Orang-orang yang mendapat penghargaan dari lingkungannya cenderung akan berbuat positif dan meneruskan aksinya iini kepada lingkunagn ataubahkan kepada generasi selanjutnya.
Namun, hal yang menjadi pertanyaan kita bersama, apakah penghargaan sosial hari ini seperti apa yang kita harapkan? Dan apakah penghargaan sosial itu masih ada? Dan jika ada, mengapa sikap acuh individu terhadap lingkungan makin besar? Orang-orang semakin kehilangan keramahannya, orang-orang mulai kehilangan kesabaran diri, semua ingin cepat,semua ingin jadi yang paling, semua berhasrat menjadi pemilik puncak??
Jika kita mengkritisi lingkungan sosial kita, apa yang kita jalani dan yang kita lihat sehari-hari, akan tergambar jelas bahwa penghargaan sosial hari ini telah ditonjolkan dalam materi dan mulai mengabaikan perasaan sosial. Penghargaan sosial,misalnya, menghargai hasil kerja keras orang lain dalam menciptakan lingkungan yang hijau, merawat hasil pekerjaan mereka, menghormati pelakunya, menghargai karyanya dan lain sebagainya. Itu semua adalah penghargaan sosial, di mana tujuannya adalah agar pelaku melakukan aksinya dan lingkungan menanggapinya dengan positif.
Yang paling ironis, penghargaan sosial ini salah alamat dan tidakn jarang, lingkungan masyarakat tidak mengahragai kerja seseorang yang dalam hal ini berkaitan dengan hal-hal yang positif, tapi malah membiarkan hal-hal yang egatif berkembang di lingkungannya. Seakan-akan ada yang salah dengan perbuatan positif. Padahal perbuatan positif itulah yang perlu mendapat apresiasi, bukannya perbuatan negatif. Tapi kenyataannya tidak jarang yang negatif itu yang dibiarkan dan yang positif dihalang-halangi.
Ini jugalah yang pada akhirnya yang akan mematikan kepedulian sosial. Hilangnya rasa tanggung jawab dan terjadinya perbuatan yang menyimpang juga timbul dari salah menempatkan penghargaan sosial. Jika saja kita mulai hari ini, mau menghargai aksi poitif setiap pelakunya, boleh jadi keharmonisan dan rasa tanggung jawab sosial akan tumbuh subur. Yang pada akhirnya akan menciptakan pola lingkungan yang sehat, tidak hanya dari sisi fisik tapi juga ruhani.


TAGS sosial penghargaan masyarakat


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive